Apa Itu Adobe Lightroom

Apa Itu Adobe Lightroom? Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu Adobe Lightroom – Dalam dunia fotografi mungkin sudah tidak asing lagi dengan editing foto dan manipulasi gambar. Tidak hanya fotografer saja dimana bermain editing foto untuk menciptakan kualitas gambar sedap dipandang mata, kalian juga dapat menjadi salah satu penggunanya.

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan apa itu Adobe Lightroom, yakni program komputer dimana bisa mendukung hasil jepretan maupun stok gambar. Adobe Lightroom mempunyai beragam fitur khusus untuk mendukung hasil editing foto, software tersebut sudah pasti dikenal di dunia fotografi karena memiliki kelebihan dan kemudahan di dalamnya sehingga populer dan memiliki rating bagus.

Namun dibalik keunggulannya itu Adobe Lightroom juga memiliki beberapa kekurangan yang membuat orang awam berfikir lagi ketika hendak menggunakannya. Apa ada kemungkinan bagi orang awam menggunakan software tersebut? Ada, karena berbagai sumber di internet menyediakan tutorial untuk menggunakan Adobe Lightroom secara lengkap.

Apa kalian tertarik menggunakan Adobe Lightroom? Jika iya, kami telah menyediakan ulasan mengenai aplikasi tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Adobe Lightroom kalian bisa simak rangkuman di bawah ini.

Apa Itu Adobe Lightroom?

Sebelumnya sudah dibahas sedikit tentang apa itu Adobe Lightroom dimana berfungsi mendukung proses edit dan manipulasi gambar. Perangkat lunak ini dirancang bagi para fotografer melakukan permainan warna dan retouch pada gambar, agar lebih hidup sehingga memanjakan mata orang yang melihat hasilnya. Software ini hampir sama dengan Adobe Photoshop tetapi memiliki perbedaan pada posisi variasi dan pengaturan.

Adobe Lightroom berfungsi mengimpor, mengekspor, melihat, mengatur, menandai, mengedit hingga menyimpan foto. Selain itu Adobe sekarang sudah mendukung versi PC (Windows dan Mac OS) serta HP (Android atau iOS) jadi kalian bisa menggunakannya apabila memiliki perangkat-perangkat tersebut.

Sejarah Adobe Lightroom

Adobe Lighroom dibuat oleh pengembang Photoshop Mark Hamburg pada tahun 1999. Pada waktu itu mantan desainer Adobe Creative Suite yakni Andrei Herasimchuk menghubungi Mark Hamburg mengajak bergabung dalam sebuah proyek baru. Proyek tersebut dinamai Shadowland, setelah itu mereka melakukan beberapa penelitian dari Adobe hingga Shadowland serta membuahkan hasil sekitar tahun 2004. Akan tetapi Herasimchuk pada saat itu memilih untuk meninggalkan penelitian tersebut dan memulai perusahaan baru di Silicon Valley.

Hamburg memulai mengembangkan Lightroom dengan merekrut Phil Clevenger mantan Kai Krause untuk menciptakan interface baru pada software ini. Hamburg sebagai pengembang arsitekru mengembangkan Photoshop Lightroom dengan bantuan Troy Gaul, Melissa Gaul dan beberapa kru Minnesota berhasil membuat program Adobe Image Ready.

mereka mulai mengembangkan proyek tersebut sekitar Januari 2006 serta dikenal sebagai Lightroom rilis ke publik sebagai Macintosh. Pengembangan itu menggunakan cara mengembangkan Adobe Photoshop CS3, pada tanggal 9 Januari 2006 Adobe mengumumkan akuisisinya terhadap teknologi dari Pixmantex, developer RawShooter. Setelah itu pada 18 Juli 2006 Beta 3 dimana mampu mendukung sistem Microsoft Windows, kemudian 25 September 2006 rilis versi beta 4 dengan bergabungnya berbagai produk Photoshop hingga diikuti update kecil pada 19 Oktober sebagai versi 4.1.

Fungsi Adobe Lightroom

Setelah memahami pengertian,sejarah dan fiturnya, ada baiknya kalian mengetahui apa saja fungsi dari Adobe Lightroom. Beberapa dari kalian mungkin mengetahui fungsinya seperti mengimpor, mengekspor hingga mengedit gambar. Untuk mengetahui lebih detail apa saja fungsi dari Adobe Lightroom silakan simak rangkuman dibawah ini.

1. Membuat Galeri Foto

Fungsi yang pertama dari Adobe Lightroom adalah membuat galeri foto secara online lewat fitur yang disediakannya. Kalian dapat memilih berkas atau photo mana saja yang akan dimasukkan ke album web online.

2. Manajemen Foto

Selain membuat galeri, aplikasi ini juga berfungsi seperti file manager pada umumnya. Fungsi itu meliputi mengedit, copy paste, memindahkan, menghapus, ganti nama serta mengorganisir semua foto yang kalian miliki setelah selesai di edit.

3. Edit Foto dengan Resolusi Tinggi

Fungsi berikutnya mampu mengedit foto beresolusi tinggi seperti file RAW. Oleh karena itu software ini mampu membukanya dengan baik serta digunakan menangani file RAW yang beresolusi tinggi.

4. Membersihkan Objek

Kalian dapat membersihkan objek dimana tidak diperlukan dari hasil jepretan dengan menggunakan fitur spot removal dan adjustment brush. Kedua fitur itu tersedia berfungsi mengoptimalkan pengguna pada proses pengeditan.

5. Batch Editing

Didesain mampu mengedit massal foto dengan fitur yang tersedia, sehingga hal itu memudahkan kalian melakukan proses pengeditan terhadap banyak foto sekaligus sekali klik. Tetapi dengan syarat bahwa komposisi dan variasi efek akan diterapkan semua foto yang diproses oleh perangkat lunak ini.

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Lightroom

Adobe selalu handal dalam membuat aplikasi editing, salah satunya Lightroom yang berfungsi untuk mengatasi masalah edit foto dimana fokus kepada pencahayaan. Software ini dapat membantu hasil jepretan kalian lebih maksimal dengan cara memanipulasi cahaya. Namun dibalik aplikasi hebat pasti ada kelebihan dan kekurangan di dalamnya yang akan kami bahas dibawah.

Kelebihan

Sebelum mengetahui apa saja menjadi kekurangan dari perangkat lunak ini, kami akan membahas kelebihannya terlebih dahulu. Untuk mengetahui kelebihannya silakan simak lebih lanjut rangkuman dibawah.

Fitur Edit Lengkap

Fitur edit lengkap, hal itu memudahkan pengguna untuk melakukan proses pengeditan gambar menggunakan aplikasi tersebut. Maka dari itu banyak orang menggunakan perangkat lunak tersebut untuk mengubah pencahayaan hingga memainkan warna pada gambar.

Mudah Dipahami

Selain memiliki fitur lengkap, aplikasi tersebut juga mudah untuk dipahami. Hal itu terbukti bahwasanya pemula pun bisa menggunakan Adobe Lightroom ditambah sudah banyak tutorial cara menggunakannya di berbagi media sosial.

Buat dan Simpan Preset

Kalian dapat memasukkan preset lightroom dengan mudah karena adanya dukungan fitur dari software tersebut. Selain itu kalian juga dapat menyimpan preset dimana sudah dibuat menggunakan aplikasi ini.

Support File RAW

Apa hanya itu saja kelebihan dari aplikasi tersebut? Kelebihan satu ini cukup menggugah orang mengedit foto beresolusi tinggi dengan format file RAW. Format itu tidak semua aplikasi mendukungnya karena memiliki resolusi tinggi dan ukuran besar.

Kekurangan

Setelah memahami apa saja kelebihannya, sekarang waktunya mengetahui kekurangan apa saja yang ada di dalam aplikasi tersebut. Kekurangan Adobe Lightroom meliputi berbayar, mahal serta fiturnya tak selengkap photoshop. Untuk mengetahui lebih lanjut kekuranganya bisa simak ulasan berikut.

Harga Berlangganan Cukup Mahal

Kekurangan dari perangkat lunak ini adalah harga berlangganan dimana terbilang cukup mahal. Hal itu terbukti bahwa sofware tersebut per bulannya dihargai Rp134.800 serta untuk per tahunnya Rp1.617.600. Maka dari itu banyak pengguna dimana ingin memiliki aplikasi tersebut sempat berfikir kembali karena harganya relatif mahal.

Fitur Tidak Selengkap Adope Photoshop

Fitur yang dimiliki AdobeLightroom hanya mampu mengatur pencahayaan dan tone warna, berbeda dengan Photoshop yang lebih lengkap. Maka dari itu kalian bisa mempertimbangkan kedua aplikasi tersebut dimana cocok untuk editing gambar.

Tidak Mendukung Manipulasi Gambar Advanced

Lightroom bisa digunakan untuk editing, namun tidak bisa memanipulasi gambar secara penuh. Misalnya seperti Photoshop yang bisa membuat gambar dari awal dan mengedit secara detail strukturnya.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang apa itu Adobe Lightroom, dimana dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur pendukung untuk mengedit serta memainkan pencahayaan pada gambar. Semoga pembahasan dari blog seputar Lightroom ini dapat menambah ilmu dan wawasan kalian.

Kartika

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa Itu Adobe Lightroom? Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan yang dipublish pada Juli 9, 2023 di website Lightroomfanatic.com